Rabu, 08 Juli 2015

Dianggap Gak Ada

Rabu, 8 Juli 2015... 21.12 WIB... itu tanggal dan waktu gua nulis tulisan ini, gua harap kalian mau menyempatkan waktu kalian yang berharga hanya untuk sekedar membaca dan belajar dari pengalaman buruk gua. Mungkin tulisan gua ini hanya berisi curhatan gua, tapi gua harap dari curhatan ini kalian bisa belajar agar kejadian buruk ini gak terjadi bahkan menimpa kalian.

Dianggap gak ada? Pernah gak kalian datang ke tempat ramai, tapi orang di sekitar kalian menganggap kalian gak ada. Mungkin gak semua orang bisa ngerasain hal seperti itu, tapi untungnya gua adalah salah satu orang yang beruntung bisa ngerasain hal itu.



Tempat paling sering membuat gua menerima perlakuan itu adalah di sekolah... di mulai dari guru yang memperlakukan gua seperti itu, saat absen guru suka menyebutkan nama murid-murid yang sedang di absennya, tapi anehnya ketika nama gua disebut kadang guru suka teriak “dimana RDP?” Padahal udah jelas gua ada di depan dia, lalu kadang juga pas absen nama gua suka gak di sebut, entah itu sengaja atau emang nama gua gak ada di absen. Untungnya gak semua guru memperlakukan gua seperti itu, ada beberapa yang masih sering nyebut nama gua saat absen, khususnya wali kelas gua

Bukan hanya guru, Ibu-ibu kantin juga kadang suka menganggap gua gak ada, waktu gua beli gorengan gua bilang “bu beli tempe 1”, lalu ibu kantin itu segera mengambil pesanan gua, tapi pas gua mau nerima itu gorengan, ternyata dia malah ngasih gorengan itu ke orang lain. Kadang juga pas gua pergi ke kantin, gak ada satu pun yang melirikan matanya ke arah gua, pernah dulu ada cewe senyum ke arah gua, tapi pas gua belas senyumnya, dia malah marah. Ternyata yang dia senyumin bukan gua, tapi orang dibelakang gua. bahkan temen gua juga suka menganggap gua gak ada, waktu gua pergi ke kantin gua ngeliat temen gua lagi ngobrol, dan dengan pedenya gua sapa dia, tapi dia gak bales sapaan gua, padahal muka dia terlihat jelas mengarah ke arah gua.

Gua mulai ngerasa seperti orang yang dianggap gak ada, gua mulai frustasi karena masalah itu... masalah itu juga yang membuat gua jadi males pergi ke kantin, bahkan keluar dari kelas pun jadi males.




Cukup lama gua mengurung diri dari dunia luar, akhirnya ketika mendekati semester akhir semua keadaan itu mulai berubah, entah hal apa yang membuat keadaan menjadi berubah seperti ini.

Waktu semester akhir semuanya jadi jauh berubah, yang awalnya gua merasa dianggap gak ada, sekarang orang-orang malah memperlakukan gua seperti ada. Ketika pergi menuju kantin banyak orang yang nyapa gua dengan nada halus sehalus paha member JKT48, lalu saat di kantin pula ada beberapa orang yang ngajak gua ngobrol, dan yang paling hebat, ketika gua beli tempe di kantin, ibu-ibu kantin langsung ngasih tempe yang masih hangat. Saat dia memberi gua tempe hangat, gua sangat bahagia karena menurut gua tempe hangat itu memiliki arti kehangatan, yang artinya mungkin Ibu-ibu kantin ingin memberikan kehangatan kepada gua melalui tempe yang gua beli.

Banyak juga guru menyebut bahkan menyapa gua ketika bertemu dengan gua, padahal awalnya mereka pada cuek kalo bertemu gua, mereka semua berbeda dengan wali kelas gua, wali kelas gua dari dulu selalu menganggap gua ada, dan juga anak-anak kelas gua juga selalu menganggap gua ada

Sampai saat ini gua juga masih bingung, hal apa yang membuat orang-orang bisa melihat gua, padahal awalnya gua gak pernah dipandang bahkan ditatap dalam waktu yang lama.

Tapi semakin lama gua merasa mulai banyak yang menatap gua dan mengenal gua, keadaan yang awalnya membuat gua bahagia tiba-tiba aja membuat gua jadi takut. Gua takut membuat kesalahan, karena pastinya setiap kesalahan gua bakal di lihat sama orang-orang, beda dengan dulu, kalo dulu setiap kesalahan gua gak pernah di lihat sama orang, karena dulu orang-orang gak bisa lihat gua.




Perubahan ini membuat gua jadi bisa bersosialisasi, gak mengurung diri seperti dulu. Hari-hari gua yang dulu gua habiskan dengan kesendirian sekarang udah hilang. Dulu setiap kali gua kena masalah, gua selalu menyelasaikan masalah gua dalam kesendirian, orang-orang di sekitar gua gak ada yang mau tau, karena mereka anggap gua gak ada makanya mereka gak bisa bantu, kalo sekarang sekecil apapun masalah, orang-orang di dekat gua tiba-tiba aja membantu gua, itu karena mereka udah menganggap gua ada.


Saat gua gak dianggap ada, masalah gua cuma seputar kesedihan di situ-situ aja, tapi setelah gua di anggap ada, justru masalah berat yang dateng ke gua. Kadang setiap gua kena masalah besar gua suka mikir “gimana caranya untuk keluar dari masalah ini?” Mungkin jawabanya gua harus menghilang seperti dulu, menjadi rizky yang gak pernah dianggap ada sama siapa-siapa. Tapi sayangnya semua itu udah terlambat, mau gak mau gua harus berani ngejalanin lembaran baru ini......

1 komentar:

  1. Haloooo, Kak! Mau jadi bagian tim jelajah Kalimantan gratis? Ikuti lomba blognya di sini http://bit.ly/terios7wonders2015 #Terios7Wonders

    Jangan sampai ketinggalan, ya!

    BalasHapus