Senin, 16 Juni 2014

KURSI KOSONG (BAB 3)

BAB 3. COBAAN

Awalnya gua kira bakal mudah nulis bab 3 ini, tapi nyatanya dalam nulis bab ini banyak cobaan yang harus gua lewatin, mulai dari hp hilang, motor mogok dijalan, dikatain mirip setan, dan lain-lain, tapi walau begitu gua tetep sabar ngejalanin hidup gua yang selalu gak beruntung ini.

Januari 2014... ehm pada suatu siang yang terik seterik kepala guru gua (Mario Toguh), gua sedang bengong sambil mikir-mikir gakjelas di depan kelas gua, pasti orang-orang yang lewat depan kelas gua pada ketawa kalo ngeliat ekspresi muka gua yang pelongo kaya orang dongo lagi mikir keras.

Berjam-jam gua bengong, dan gak terasa istirahat udah selesai, padahal rasanya baru kaya 1 menit yang lalu bel istirahat bunyi. ketika bel masuk bunyi gua bukannya masuk kedalam kelas, tapi gua malah pergi ke toilet, diperjalanan gua ngeliat sesosok perempuan pucat berambut panjang dengan daster warna putih, tapi sayangnya kejadian itu hanya sebentar, kira-kira 30 detik kalo gak salah, atau mungkin 15 detik. setalah 30 detik tiba-tiba dia masuk kedalam pintu kamar mandi, mungkin dia kebelet kali. Gak lah becanda, lalu setelah bel berbunyi.

Gua memutuskan untuk pergi ke toilet, tapi diperjalanan gua ngeliat sesosok perumpuan berambut pendek dengan senyum yang manis, tapi kejadian itu cuma sebentar kira-kira 30 detik, setelah itu perumpuan itu masuk kedalam kelasnya.

Awalnya gua gak mau tau tentang perempuan itu, soalnya waktu itu gua masih trauma sama perempuan, tapi keadaan berubah, tiba-tiba gua mulai kepikiran oleh perempuan itu, setiap mau ngapa-ngapain pasti keinget sama senyumnya yang kaya Sizuka di film Doraemon, tapi gua gak mau keliatan kalo gua suka, jadi gua simpen rahasia ini rapat-rapat, tapi saat itu gua mulai bisa ngelupain bayangan Olivia dari diri gua, gua mulai ngerasa seperti menemukan kebahagiaan gua kembali

Gua gak pernah berani deketin perempuan itu, gua cuma bisa diem doang kaya orang bisu, kalo ketemu perumpuan itu dijalan atau di kantin pura-pura gak liat padahal ngeliat. Awalnya juga gua gak yakin bisa kenalan sama perempuan itu, hingga moment itu datang, moment yang masih gua inget jelas dalam pikiran gua.

Saat itu gua, Reinhard dan Adit ngobrol didepan kelas 11 AK (Akutansi). Ohya Adit itu temen satu kelasnya Reinhard dan temen Esa waktu SMP, saat asik ngobrol tanpa sadar moment yang paling gua tunggu-tunggu datang juga. Semua anak 11 AK tiba-tiba keluar dari kelas dan orang yang paling gua tunggu juga keluar, perumpuan itu keluar dengan wajah lugu didampingi senyum yang indah dan manis, ibaratnya manis kaya madu, lalu Adit menyapa perumpuan itu.

Esaaa?” sambut Adit dengan nada halus.

Iyaaa” jawab Esa sambil senyum.

Dan saat itu gua tau kalo nama perempuan itu adalah Esa. Saat itu gua cuma bisa mupeng ngeliat Adit ngomong sama Esa, lalu Esa pergi bareng anak-anak kelasnya ke Perustakaan, dan saat itu gua udah nyia-nyiain kesempatan gua untuk kenalan, padahal hari itu adalah hari terakhir gua, maksud gua hari terakhir di sekolah, karena besok gua harus barangkat PKL (Pekerjaan Lapangan)

27 Januari gua berangkat ke tempat PKL, nama tempat PKL gua Sekolah Tinggi Teknologi Jakarta, gua PKL bareng 7 temen gua, Hery, Imron, Harry, Ferdi, Naufal, Nimat dan Nedi. Sebelum gua lanjut cerita gua mau jelasin tentang temen-temen PKL gua dulu, yang pertama gua mulai dari Hery.

Hery, dia orangnya pinter tapi aneh, yang bikin dia aneh menurut gua karena dia bisa ketawa dimana pun dan kapanpun dari hal yang lucu hingga hal yang gak lucu bisa dia ketawain.

Imron, bisa dipanggil Embong, dari kami berdelapan yang penampilannya paling modis adalah Imron, entah kenapa gua juga heran tapi itu kenyataannya.

Harry, biasa dipanggil Arab, padahal menurut gua Harry lebih mirip sama Bruno Mars ketimbang onta arab, tapi orang-orang manggil dia Arab.

Ferdi biasa dipanggil Doson, entah kenapa dia dipanggil begitu, gua juga gak tau, tapi Ferdi temen yang gua kenal pertama saat masuk Yadika, dia baik, asik dan dia punya wawasan yang luas seluas perut Nurwahyudi

Naufal, dia lebih sering diem, gua selalu berusaha membaca pikiran dia, tapi gua bukan Daddy Kobudel yang bisa mambaca pikiran manusia, jadi gua memutuskan tidak membaca pikiran dia lagi.

Nimat dan Nedi mereka berdua udah kaya adek kakak, berangkat sekolah bareng, pulang juga bereng. Dimana ada Nimat pasti ada Nedi, dan sebaliknya.

Selama 1 bulan kami berdelapan harus menjalani yang namanya Pekerjaan Lapangan, jauh dari temen-temen sekolah dan urusan lainnya, saat PKL gua ngerasa nyaman ditempat itu walau kadang gua juga ngerasa bosen karena cuma itu-itu aja yang gua kerjain, ngetik, bikin kopi, bersiin komputer, download, browsing, sama merakit kabel. Kadang gua ngerasa yang gua lakuin selama ini PKL atau jadi pembantu. kalo gua ngerasa bosen gua Twitteran atau BBMan. Kebetulan hari sabtu gua masuk pagi, jadi kalo malem minggu gua bisa ada di rumah, tapi percuma gua kan gak punya pacar jadi ngapain juga gua malem mingguan. Gak terasa gua udah PKL di STTJ udah hampir 1 bulan, dan kebetulan 2 minggu lagi gua selesai PKL.

Gua udah ngerasa senang karena sebentar lagi PKL gua selesai dan gua bisa masuk sekolah lagi seperti biasa, tapi saat gua bangun pagi tiba-tiba badan gua rasanya panas kaya kebakar padahal cuaca lagi mendung, entah badan gua yang aneh atau cuacanya yang lagi aneh, gua minum obat lalu tidur dan saat jam 12 siang gua ngerasa badan gua sehat lagi, dan keesokan harinya kejadian itu terulang lagi, panas badan gua naik turun udah kaya tangga eskalator, dan saat itu gua memutuskan untuk tidak berangkat PKL, gua cuma istirahat dirumah kaya orang yang lagi sakit trus hidupnya bentar lagi mau habis. Seharian gua tidur dan saat gua bangun gua kaget... saat gua bercermin gua ngeliat sosok seram dengan bintik-bintik merah di muka, saat gua amati ternyata itu adalah gua, gua kena cacar. mungkin kalo Olivia ngeliat gua dia gak akan bilang gua mirip Irfan Bachdim lagi

Hari ini sepi, gak ada mention dan BBM  dari fans-fans gua yang biasa ngajak gua chatting, dan gua cuma bisa ngeliatin kontak BBM gua, hingga akhirnya gua ngeliat di BBM foto perempuan yang waktu itu gua lihat didepan kelas 11 AK, dan akhirnya gua tau kalo nama lengkap dia adalah Esatyana Usfa, awalnya gua cuma ngeliat-liat DP dia terus gak sengaja fotonya ke save (padahal sengaja), lalu gua memberanikan diri untuk BBMan sama dia

PING!!” gua ping dia, lalu gua tunggu balasan dari dia

“apa?” jawab dia

“gpp, salah pencet”  jawab gua karena gua panik

“oh yaudah” jawab dia dengan singkat

“anak mana?” padalah gua udah tau jawabanya tapi sengaja gua tanya biar ada bahan pembicaraan.

“anak yadika”  jawab dia

“anak yadika, kok gua gak pernah liat”  padahal gua sering liat dia, cuma pura-pura aja gak liat aja

gua aja sering liat lu” jawab dia,

“(hening sesaat)”

Pembicaraan gua dengan Esa terus berlanjut hingga malam di BBM, hingga akhirnya dia bilang mau tidur.

Gak terasa udah pagi aja, padahal rasanya kaya baru meremin mata,... saat bangun pagi yang gua inget cuma perempuan itu, gua selalu ingin ngajak chatting dia tapi gua takut ganggu dia. Seminggu lagi selesai PKL dan harapan gua berubah, gua harap hari-hari dalam seminggu ini bisa berjalan dengan lambat supaya gua gak cepet masuk sekolah, gua malu masuk ke sekolah dalam keadaan kena cacar. Gua bukannya takut dikatain kena cacar sama temen-temen gua, tapi gua malu kalo ketemu Esa dalam keadaan kaya gini.

Keadaan gua mulai membaik, hari-hari gua di tempat PKL tinggal hitungan hari lagi, tanpa sadar tiap hari gua cuma diisi dengan BBMan sama Esa doang, setiap hari gua BBMan sama dia tanpa ada rasa bosen dalam diri gua, tapi walau begitu gua juga tau batas, gua hanya BBM dia siang dan malem. Semakin sering gua BBM Esa gua juga jadi tau kalo dia punya hobi tidur siang, jadi gua mutusin untuk BBM dia hanya dimalam hari. Hingga gua masuk sekolah keadaan tetap sama gak ada yang berubah satu pun, hari-hari gua masih penuh dengan nama Esa, hingga siang itu datang.

Saat jam Istirahat gua pergi ke kantin dengan Heri, Harry, Naufal, dan Nimat dan Nedi, saat itu Esa dan temen-temennya yang seperti Girlband pun datang, dari perempuan-perempuan itu yang gua tatap dan perhatikan cuma Esa dan hanya Esa, gua tau Esa juga ngeliat gua. Dalam hati gua, gua cuma mau ngomong ke dia “maaf sa, gua gak bisa nyapa lu” tapi percuma aja Esa kan gak bisa baca dan dengar isi hati gua #plakkk

Oh iya sebelum gua lanjut cerita gua mau sedikit ngebahas tentang temen-temen Esa yang menurut gua kaya sekelompok kumpulan ibu-ibu arisan yang heboh. Mereka berteman udah sejak lama soalnya mereka udah saling akrap satu sama lain, kelompok atau geng mereka disebut SELEBOR, kalo menurut gua sosok yang terlihat seperti pemimpin disana adalah Riri, 

Riri, dia terlihat sangat menakutkan bagi gua wajahnya manis tapi seram dan alisnya nyambung. 

Febi, gua gak kenal dia secara dekat tapi menurut pandangan gua dia baik, cara ngomongnya dia bisa bikin orang lagi putus asa jadi sedikit bangkit. 

Widia, dia orang Padang kemungkinan kalo udah gede dia bakal jadi tukang nasi padang keliling komplek, dan dia juga kalo ngomong suka ceplos-ceplos kadang bikin orang semangat kadang juga bikin orang jadi minder, tapi dia baik kok.

Neisya, dia tinggi dan paling tinggi, mungkin kalo dia rajin minum susu tiang bendera bisa kalah tinggi kali. dia juga jago main basket. 

Ariskha,  dia  gua gak kenal, ngomong sama gua aja gak pernah, jadi gua gak kenal, tapi kalo dari mukanya kayanya dia orang baik-baik.

Gina, dia sering bikin gua cemburu, soalnya dia sering berduaan sama gebetan gua, tapi walau begitu dia baik kok gak gigit sama nyakar

Esatyana Usfa dia sederhana namun bisa bikin gua selalu ingat dia, entah kenapa senyumnya yang selalu ada dipikiran gua.

(lanjut cerita)

Pada suatu malam gua pernah janji sama Esa kalo gua ketemu dia dijalan atau Kantin gua akan nyapa dia, menurut gua itu sulit karena gua bukan orang yang suka nyapa orang, tapi karena ini untuk Esa akhirnya gua mulai memberanikan diri gua yang penakut ini untuk nyapa Esa.

Di kantin... gua, Reinhard, dan Adit  makan nasi goreng buatan ibu-ibu kantin, dan SELEBOR datang, saat mereka datang rasanya suasana berubah jadi lebih spesial, gua ngerasa detak jantung gua berdebar lebih cepat dari kedipan mata gua. Ketika Esa dan temen-temennya lewat depan meja gua, gua nyapa Esa.dengan pede.

“Esaaaaa?” sapa gua dengan senyum grogi

Jlepp Esa gak jawab apa-apa, 

dia cuma senyum saat gua nyapa dia, bagi gua itu adalah awal yang baik. Ferdi pernah nyindir gua “rizky diphpin”, karena kata-kata dia gua mau ngetest Esa, gua pernah seharian sengaja gak BBM Esa, gua cuma mau ngetest apa Esa akan BBM gua duluan atau engga? Kalo dia gak BBM berarti dia beneran PHP. Seharian gua nunggu dia, sampe malem gua juga masih nunggu, hingga akhirnya ada BBM dari Esa, dan mulai saat itu gua ngerasa kalo Esa gak PHP..

Hampir 3 bulan gua udah deket dengan Esa, hingga akhirnya mulai banyak cobaan yang dateng mengganggu hidup gua dan Esa, semua berawal dari sekolah dan berakhir di sekolah.

Siang itu saat pelajaran terakhir guru Kimia gak dateng ke kelas karena ada urusan mendadak (biasa guru sok sibuk), dan otomatis dikelas pasti tidak akan belajar, murid-murid dikelas gua menggunakan waktu yang ada untuk main, ngobrol-ngobrol dikelas dan ada juga yang ngerokok dikelas, karena dikelas gua orangnya sedikit pendiem jadi gua memutuskan untuk keluar dari kelas, lalu duduk dan melamun di samping kelas sambil bongkar-bongkar HP gua, hampir satu jam duduk ditangga samping kelas gua cuma bisa ngobrol sama tembok.

“tembok, lu pernah suka sama perempuan gak?” dengan polos gua nanya ke tembok

hening” tembok gak jawab apa-apa.

“bok, kok kamu diem, kamu marah sama aku ya..!!!?” dengan muka polos bego gua nanya lagi.

“hening” tembok gak jawab apa-apa.

“kok masih diem juga, kalo gitu gua males ngomong sama lu ah..!!!” saat itu gua udah bener-bener bego

hening” tembok gak jawab apa-apa.

(tiba-tiba ada gerombolan perempuan lewat)

hahahahahah..... wkwkwkw.... Ckckckck... dasar bego” dengan kompak mereka menghina diri gua yang sudah hina ini.

Gua malu, dengan sigap gua memasang kembali HP gua yang tadinya gua bongkar, gua lalu pergi menuju kelas, dan gua duduk dikursi gua, tapi baru aja duduk tiba-tiba bel pulang bunyi. Saat sampe rumah gua nyalahin HP gua tapi...... HP gua gak ada kartunya.

Saat kartu gua ilang, gua gak bisa BBMan sama Esa untuk beberapa hari hingga akhirnya gua beli kartu baru, tapi cobaan gua gak sampe disitu aja, beberapa hari kemudian HP gua ilang, mungkin jatoh dijalan kali, seharian gua nyari HP itu sampe malem, dan saat itu gua berusaha untuk mengiklaskan HP gua yang ilang, lalu saat sampe di rumah gua membuka twitter dan mengirim pesan ke Esa.

sa, maaf gua gak bisa BBM lu lagi” dengan muka melas dan dengan tatapan kosong gua menulis pesan itu ke Esa.

HP lu ilang, lu sih jadi orang selebor banget” dari kata-katanya terlihat sepertinya Esa khawatir.

“iya HP gua ilang, tau dari Mr Herman ya” dengan muka lesu dan gak  bersemangat gua menjawab.

Percakapan gua terus berlangsung hingga malam, hingga akhirnya dia tidur untuk selamanya 

Saat malam hari esa mengirim pesan melalui DM yang isinya “ki, gua sabar nunggung, nunggu lu sampe beli hp baru”, saat itu gua terharu mau nangis rasanya. Setelah itu gua memutuskan untuk meminjam hp kakak gua., namanya juga hp pinjeman, jadi jangan berharap dapet hp bagus. Setiap hari gua smsan sama Esa, gua bahagia karena gua gak bikin dia kecewa karena terlalu lama nunggu gua, hingga akhirnya Riri datang


RDP?” panggil Riri

apa?” sambut gua dengan muka biasa aja

kapan lu nembak Esa?, nih gua kasih tau ya, Esa tuh sayang banget sama lu, mau sampe kapan lu mau gantungin Esa terus” tanya Riri sambil pasang muka serem kaya goblin

gantungin? ” gua bingung mau jawab apa

Iya gantungin” jawab Riri

gua gak pernah gantungin Esa” sambut gua

jadi kapan lu nembak Esa?

“bsk” biar cepet gua jawab aja bsk.


Keesokan harinya tiba-tiba gua gemeter gua bingung mau ngapain, jadi gua putusin untuk gak nembak Esa. tapi saat malam datang Esa sms gua dia bilang ke gua, katanya dia gak yakin kalo gua berani nembak  dia  secara langsung.  Gua ngerasa kaya lagi diremehin, gua gak mau diremehin sama Esa, jadi gua memutuskan bsk gua akan nembak Esa, oh iya tapi bsk kan sekolah libur,

Kamis Pagi.... Riri sms gua dia ngajak gua kumpul sama anak-anak girlband nya (SELEBOR), awalnya gua mau nolak ajakan dia tapi Riri menggoda gua dengan rayuan dia. Dia bilang


RDP, Esa ngarapin banget lu bisa ikut, pasti dia bakal seneng banget” kata dia sambil pake emot senyum

“iya gua ikut” karena gua gak mau bikin Esa kecewa makanya gua akhinya ikut.

jam 11 ya, gua tunggu di nagrak, ohiya jangan ngaret” sambut dia


Karena gua gak mau dibilang ngaret, akhirnya gua dateng jam 10.30 pas gak lebih gak kurang, tapi mungkin hari itu hari sial bagi gua, gua nunggu sampe jam 12 si Riri gak dateng-dateng, hingga dia sms gua minta tempat ketemuannya diganti di depan kotwis, dalam hati gua mau banting motor Beat gua. Siang itu gua dan Riri ketemu dan gua diajak pergi ke rumah Widia untuk merayakan hari ulang tahun Widia dirumahnya, dalam hati gua berfikir “mana Esanya?

Saat sampe rumah Widia gua harus nunggu hampir 20 menit sebelum Esa datang, Widia dan Riri ngajak gua ngobrol, awalnya gua seneng tapi...


RDP, kalo dari tampang lu sama Adit lebih pinter Adit deh” mulut Riri yang pedes kaya cabe mulai ngomong.(Adit yang dimaksud bukan Adit temen gua, tapi Adit pacar Riri)

yaelah anak TKJ 4 mana ada yang punya otak” mulut Widia juga ikut-ikut ngerendahin gua.

iyaaa” gua jawab iya aja biar cepet, harga diri gua diinjek-injek disini, gua nyesel kenapa gua bisa ikut ke ulang tahun Widia.


dan akhirnya Esa datang dengan senyum manisnya yang manis kaya permen karet yang lagi gua makan. Gua langsung memasang gaya sok cool, saat itu gua ngerasa takut, bingung, grogi, malu, panas dingin, intinya semua campur aduk kaya sambel terasi.

Saat Esa datang, Riri ngomong ke gua

RDP, tolong beli tepung, kopi sama telor ya..!!!” Riri nyuruh gua belanja, mungkin gua dibutuhkan disini untuk jadi kacung mereka kali.

Iyaaa  gua jawab iya aja biar cepet. 


Setelah gua beli tepung, kopi dan telur, gua memberikan tepung, kopi, dan telur ke Riri dan Febi, dan saat itu Widia diiket kaya maling yang mau diarak keliling komplek, lalu ditimpukin telur, tebung, dan kopi, saat itu Widia sungguh-sungguh berbau busuk, hingga bau sepatu gua aja sampe kalah busuk.


(Neisya, Febi, Widia, Riri, Adit, gua dan Ariskha)

Saat selesai dihakimi, Widia pergi ke kamar mandi, hampir 1 jam dia mandi.... gua, Esa dan temen-temennya cuma nunggu dia diruang tamu. Esa, Riri, Neisya, Ariskha dan Febi dan yang  lainnya asik ngobrol, saat itu gua ngerasa kaya kambing conge, bukan kambing jantan.

Hingga moment itu datang, Riri nyuruh gua nembak Esa. lalu gua pun nembak dia dengan gaya dan bahasa gua.


ehm ehm.... sa bisa ngomong?” tanya gua sambil nahan gemetar

bisa?” jawab dia dengan lembut

gua mau ngomong” jawab gua

“ngomong apa?”tanya dia dengan lembut

ngomongnya sekarang atau nanti?” tanya gua

sekarang” jawab Esa dengan lembut

mau kenceng atau pelan?” pertanyan bego gua mulai keluar

terserah..!!!” jawab Esa mulai kesal

kita kan udah lama kenal, gua udah ngarasa nyaman sama lu, gua juga ada rasa yang lebih dari suka, lu mau gakkk  jadiiiii pppacarrr ggggua?” saat itu rasanya gua mau bunuh diri aja

Trus apa lagi???” Esa nanya ke gua

“udah gitu aja” dengan bego dan polos gua jawab begitu

yaudah jalanin aja” jawab Esa

Jadi diterima gak?” tanya Febi ke Esa

iya diterima” jawab esa dengan senyum


Saat itu gua cuma bisa diam, gua gak mengeluarkan ekspresi sedikit pun, cuma muka melas seperti biasa yang gua keluarkan. Kamis 1 Mei 2014 sekitar jam 4 sore, itu tanggal jadian gua sama Esatyana Usfa. Ketika sampai dirumah gua baru bisa mengeluarkan semua  ekspresi gua, gua nyanyi, gua ketawa, gua senyum, pokoknya susah dijelaskan dengan kata-kata, intinya hari itu adalah hari paling membahagiakan yang pernah gua rasakan

Manusia punya caranya sendiri untuk bahagia, tergantung sama diri kita, jika kita terus berjuang dan sabar maka kebahagian yang akan kita dapat, gak perlu hal yang sulit, hal yang mudah aja bisa bikin kita bahagia.  Np : Sheila on 7 – Buat Aku Tersenyum.

lanjut baca Bab 4

4 komentar: